Penyusunan Visi Misi sebagai Aksi Nyata Guru Penggerak

AKSI NYATA MODUL 1.3

Visi Guru Penggerak

MOHDI YULIANTO PRABOWO, S.Pd., Gr

“Menuntun murid dalam menumbuhkembangkan kreativitas guna mewujudkan efektivitas belajar dan hasil yang optimal melalui pembelajaran berdiferensiasi”

  1. Latar Belakang

    Berdasarkan tujuan Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yaitu menuntun segala kodrat pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Oleh karena itu penting bagi seorang guru untuk dapat mewujudkan tujuan Pendidikan yang sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Salah satu upaya guru yang dapat ditempuh untuk mewujudkan tujuan Pendidikan untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat harus didasari dengan sebuah dasar kuat berwujud visi.

    Visi seorang guru menjadi sebuah acuan penting dalam melangkah dan memerankan dirinya sehari-hari dalam menghadapi peserta didik. Dalam menentukan atau menyusun visi, seorang guru mulai membayangkan dan memiliki harapan kedepan seperti apa murid yang diinginkan. Selain itu dalam menentukan visi seorang guru harus memiliki kepekaan personal dan lingkungan sesuai tempat tinggal murid serta menyikapi perkembangan zaman. Sehingga apa yang diinginkan guru kedepan terhadap muridnya akan sesuai dengan visi yang disusun.

    Dalam menyusun visi saya sebagai seorang guru, saya melakukan beberapa pertimbangan dan latar belakang. Selain sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara mengenai tujuan Pendidikan, pertimbangan saya dalam menyusun visi adalah banyak peserta didik yang kurang mampu dalam menciptakan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat dan berdampak. Hal tersebut merupakan pemikiran saya terhadap murid dalam merespon mata pelajaran seni budaya.

    Hal lain yang mendasari saya dalam menyusun dan menjalankan visi saya sebagai seorang guru adalah mengenai minat murid atau motivasi murid yang rendah dalam menjadi pemimpin atau tampil didepan umum. Sehingga dengan demikian saya berharap visi saya dapat menumbuhkan kepemimpinan murid. Dengan demikian maka perlu kiranya saya mampu menjalankan nilai dan peran saya sebagai guru dengan membangun visi saya adalah menuntun murid dalam menumbuhkembangkan kreativitas guna mewujudkan efektivitas belajar dan hasil yang optimal melalui pembelajaran berdiferensiasi. Visi yang saya susun sejalan dengan visi sekolah dan Profil Pelajar Pancasila.

  2. Tujuan Aksi
    1. Mewujudkan kepemimpinan murid (student agency) yang mengedepankan kreativitas, melalui pembelajaran berdiferensiasi untuk menguatkan profil pelajar Pancasila
    2. Mewujudkan Prakarsa perubahan di sekolah sesuai dengan visi diri yang sejalan dengan visi sekolah yaitu “Menuntun murid dalam menumbuhkembangkan kreativitas guna mewujudkan efektivitas belajar dan hasil yang optimal melalui pembelajaran berdiferensiasi”
  3. Tolok Ukur Aksi
    1. Berkembangnya kompetensi kepemimpinan pada murid sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai
    2. Terwujudnya pembelajaran berdiferensiasi dalam menumbuhkembangkan kreativitas guna mewujudkan efektivitas belajar dan hasil yang optimal
  4. Tahapan Aksi
    1. Tahap Perencanaan
  • Koordinasi dengan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah mengenai rencana aksi mewujudkan visi
  • Melaksanakan diskusi dengan rekan sejawat dalam melaksanakan aksi nyata
  • Meminta rekan sejawat untuk mengevaluasi dan merefleksi aksi nyata yang dilakukan
  1. Tahap Pelaksanaan
  • Melakukan sosialisasi dan memperkenalkan kembali visi guru dan visi sekolah yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
  • Mengidentifikasi kepemimpinan murid melalui wawancara terhadap beberapa murid mengenai minat dalam kegiatan pemilihan ketua organisasi sekolah (OSIS, DKA, PMR, Adiwiyata, Sanggar Seni)
  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan kreatifitas melalui pembelajaran berdiferensiasi
  • Membuat indicator ketercapaian aksi
  1. Tahap Refleksi
  • Tahapan refleksi bersama rekan sejawat terhadap ketercapaian aksi
  • Mengungkapkan pemahaman dan perasaan yang muncul setelah proses aksi
  1. Tindak lanjut

    Mengembangkan pembelajaran sesuai dengan visi bersama melalui pembelajaran yang menumbuhkembangkan kreativitas murid sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran berdiferensiasi.

  1. Dukungan yang dibutuhkan
    1. Kepala sekolah
    2. Rekan sejawat
    3. Peserta didik
    4. Orang tua murid
  2. Dokumentasi Kegiatan
Koordinasi dan Sosialisasi Visi kepada Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat
Koordinasi dan Sosialisasi Visi kepada Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat
Koordinasi dan Sosialisasi Visi kepada Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat
Koordinasi dan Sosialisasi Visi kepada Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat
Pembelajaran Berdiferensiasi, murid dapat memilih media dalam mengerjakan tugas hasil diskusi menggunakan Canva, Google Slide, Power Point, Remakan Video, maupun bercerita
Pembelajaran Berdiferensiasi, murid dapat memilih media dalam mengerjakan tugas hasil diskusi menggunakan Canva, Google Slide, Power Point, Remakan Video, maupun bercerita
Pembelajaran Berdiferensiasi, murid dapat memilih media dalam mengerjakan tugas hasil diskusi menggunakan Canva, Google Slide, Power Point, Remakan Video, maupun bercerita
Pembelajaran Berdiferensiasi, murid dapat memilih media dalam mengerjakan tugas hasil diskusi menggunakan Canva, Google Slide, Power Point, Remakan Video, maupun bercerita
Pembelajaran Berdiferensiasi, murid dapat memilih media dalam mengerjakan tugas hasil diskusi menggunakan Canva, Google Slide, Power Point, Remakan Video, maupun bercerita
Pembelajaran Berdiferensiasi, murid dapat memilih media dalam mengerjakan tugas hasil diskusi menggunakan Canva, Google Slide, Power Point, Remakan Video, maupun bercerita
Melakukan Wawancara Kepada Murid mengenai minat dalam kegiatan pemilihan kepengurusan organisasi di Sekolah (OSIS, DKA, Adiwiyata, PMR, Sanggar Seni)
Melakukan Wawancara Kepada Murid mengenai minat dalam kegiatan pemilihan kepengurusan organisasi di Sekolah (OSIS, DKA, Adiwiyata, PMR, Sanggar Seni)
Melakukan Wawancara Kepada Murid mengenai minat dalam kegiatan pemilihan kepengurusan organisasi di Sekolah (OSIS, DKA, Adiwiyata, PMR, Sanggar Seni)
Berperan dan ikut serta mewujudkan kepemimpinan murid (student agency) melalui kegiatan pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Singgahan
Berperan dan ikut serta mewujudkan kepemimpinan murid (student agency) melalui kegiatan pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Singgahan
Berperan dan ikut serta mewujudkan kepemimpinan murid (student agency) melalui kegiatan pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Singgahan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *