Materi Apresiasi Karya dan Pergelaran Musik
Kurikulum Merdeka
1 | Siapakah komponis Indonesia yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya? | |
A | Wage Rudolf Supratman | |
B | Cornel Simanjuntak | |
C | Ismail Marzuki | |
D | Kusbini | |
E | Gesang | |
2 | Lagu Bengawan Solo yang terkenal hingga mancanegara diciptakan oleh… | |
A | Gesang | |
B | Wage Rudolf Supratman | |
C | Cornel Simanjuntak | |
D | Ismail Marzuki | |
E | Kusbini | |
3 | Siapakah komponis yang banyak menciptakan lagu-lagu perjuangan, seperti Halo-Halo Bandung dan Gugur Bunga? | |
A | Cornel Simanjuntak | |
B | Ismail Marzuki | |
C | Kusbini | |
D | Gesang | |
E | Wage Rudolf Supratman | |
4 | Lagu Rayuan Pulau Kelapa diciptakan oleh… | |
A | Ismail Marzuki | |
B | AT Mahmud | |
C | Ibu Sud | |
D | Idris Sardi | |
E | Ananda Sukarlan | |
5 | Komponis yang dikenal sebagai pencipta lagu-lagu anak-anak seperti Pelangi-Pelangi dan Ambilkan Bulan adalah… | |
A | AT Mahmud | |
B | Ibu Sud | |
C | Idris Sardi | |
D | Ananda Sukarlan | |
E | Ismail Marzuki | |
6 | Lagu Sepasang Mata Bola dan Juwita Malam adalah ciptaan… | |
A | Ismail Marzuki | |
B | AT Mahmud | |
C | Ibu Sud | |
D | Idris Sardi | |
E | Ananda Sukarlan | |
7 | Siapa komponis Indonesia yang dikenal sebagai pelopor musik kontemporer? | |
A | Slamet Abdul Sjukur | |
B | Guruh Soekarnoputra | |
C | Ananda Sukarlan | |
D | Ibu Sud | |
E | Idris Sardi | |
8 | Komponis yang dikenal dengan kontribusinya dalam musik klasik Indonesia adalah… | |
A | Ananda Sukarlan | |
B | Ibu Sud | |
C | Idris Sardi | |
D | Slamet Abdul Sjukur | |
E | Guruh Soekarnoputra | |
9 | Salah satu komponis yang banyak menciptakan lagu untuk anak-anak di Indonesia adalah… | |
A | AT Mahmud | |
B | Ismail Marzuki | |
C | Kusbini | |
D | Idris Sardi | |
E | Gesang | |
10 | Lagu Indonesia Pusaka adalah ciptaan… | |
A | Cornel Simanjuntak | |
B | WR Supratman | |
C | Ismail Marzuki | |
D | Kusbini | |
E | Ibu Sud | |
11 | Lagu Tanah Airku diciptakan oleh… | |
A | Ibu Sud | |
B | Cornel Simanjuntak | |
C | WR Supratman | |
D | Ismail Marzuki | |
E | Kusbini | |
12 | Lagu Syukur diciptakan oleh… | |
A | H. Mutahar | |
B | Ismail Marzuki | |
C | AT Mahmud | |
D | WR Supratman | |
E | Gesang | |
13 | Lagu Satu Nusa Satu Bangsa diciptakan oleh… | |
A | Liberty Manik | |
B | WR Supratman | |
C | Ismail Marzuki | |
D | Idris Sardi | |
E | Guruh Soekarnoputra | |
14 | Lagu Ibu Kita Kartini diciptakan oleh… | |
A | WR Supratman | |
B | Ismail Marzuki | |
C | Idris Sardi | |
D | AT Mahmud | |
E | Cornel Simanjuntak | |
15 | I Wayan Sadra dikenal sebagai komponis musik kontemporer Indonesia yang banyak menggabungkan unsur musik tradisional dengan pendekatan eksperimental. Salah satu ciri khas dari karyanya adalah… | |
A | Menggabungkan gamelan dengan suara lingkungan dan improvisasi | |
B | Hanya berfokus pada musik klasik Barat | |
C | Menggunakan gamelan dengan teknik tradisional sepenuhnya | |
D | Tidak menggunakan alat musik tradisional sama sekali | |
E | Mengembangkan konsep musik minimalis tanpa instrumen | |
16 | I Wayan Sadra berperan penting dalam perkembangan musik eksperimental di Indonesia. Selain sebagai komponis, ia juga dikenal sebagai… | |
A | Pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. | |
B | Seorang pelukis dan pematung. | |
C | Seorang pemain musik jazz terkenal. | |
D | Pencipta lagu pop Indonesia. | |
E | Pemimpin orkestra simfoni nasional. | |
17 | Dalam dunia musik, terdapat beberapa peran penting, seperti komponis, arranger, dan songwriter. Komponis adalah seseorang yang menciptakan musik dari nol, baik instrumental maupun vokal. Arranger bertugas mengolah kembali musik yang sudah ada, mengubah harmoni, ritme, atau instrumen agar lebih sesuai dengan kebutuhan pertunjukan atau rekaman. Sementara itu, songwriter lebih berfokus pada penciptaan lagu yang umumnya memiliki lirik dan melodi. Berdasarkan bacaan di atas, siapakah yang bertanggung jawab menciptakan musik dari awal tanpa harus mengubah lagu yang sudah ada? | |
A | Komponis | |
B | Arranger | |
C | Songwriter | |
D | Dirigen | |
E | Produser | |
18 | Jika seorang musisi ingin mengubah lagu pop menjadi versi orkestra tanpa mengubah liriknya, siapa yang paling tepat untuk melakukan tugas ini? | |
A | Arranger | |
B | Songwriter | |
C | Dirigen | |
D | Produser | |
E | Komponis | |
19 | Lagu “Indonesia Pusaka” karya Ismail Marzuki telah mengalami banyak aransemen ulang oleh berbagai musisi. Misalnya, dalam suatu konser orkestra, lagu ini diubah agar sesuai dengan format musik klasik tanpa menghilangkan esensi lagu aslinya. Di sisi lain, banyak penyanyi yang membawakan lagu ini dengan gaya pop atau jazz setelah dilakukan penyesuaian pada harmoni dan tempo oleh seorang arranger. Dari bacaan di atas, apa yang dilakukan oleh seorang arranger terhadap lagu “Indonesia Pusaka”? | |
A | Mengubah harmoni dan tempo lagu agar sesuai dengan genre tertentu. | |
B | Menciptakan lirik baru untuk lagu tersebut. | |
C | Menulis ulang melodi lagu dari awal. | |
D | Menggubah lagu tanpa mempertahankan nada asli. | |
E | Menyanyikan lagu dengan cara berbeda. | |
20 | Jika seorang musisi ingin membuat lagu baru yang bertema nasionalisme dengan lirik dan melodi orisinal, maka peran yang tepat untuk tugas ini adalah… | |
A | Songwriter | |
B | Dirigen | |
C | Produser | |
D | Komponis | |
E | Arranger | |
21 | Dalam dunia pementasan musik, panggung memiliki peran penting dalam mendukung visual dan performa pertunjukan. Jenis panggung dapat dibedakan berdasarkan bentuk, ukuran, dan fungsinya. Contohnya, panggung arena memungkinkan penonton mengelilingi pemain dari semua sisi, sementara panggung prosenium memiliki bingkai di depan yang membatasi antara pemain dan penonton. Ada juga panggung thrust, yang sebagian menjorok ke arah penonton, serta panggung portable yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan. Berdasarkan bacaan di atas, jenis panggung yang memungkinkan penonton mengelilingi pemain dari semua sisi disebut… | |
A | Panggung arena | |
B | Panggung thrust | |
C | Panggung prosenium | |
D | Panggung portable | |
E | Panggung tribun | |
22 | Jika sebuah konser membutuhkan panggung yang dapat dipindahkan dan dipasang di berbagai tempat, jenis panggung yang paling sesuai adalah… | |
A | Panggung portable | |
B | Panggung tribun | |
C | Panggung arena | |
D | Panggung thrust | |
E | Panggung prosenium | |
23 | Sebuah pertunjukan teater musikal membutuhkan panggung dengan bingkai di bagian depan yang memisahkan penonton dan pemain. Jenis panggung yang cocok digunakan adalah… | |
A | Panggung prosenium | |
B | Panggung portable | |
C | Panggung tribun | |
D | Panggung arena | |
E | Panggung thrust | |
24 | Mengadakan pementasan musik membutuhkan tata kelola dan pengorganisasian yang baik. Beberapa langkah penting dalam tata kelola meliputi perencanaan konsep acara, penyusunan tim kerja, pengaturan teknis seperti pencahayaan dan tata suara, serta koordinasi antara musisi dan panitia. Sebuah konser yang sukses membutuhkan komunikasi yang baik di antara seluruh tim, mulai dari penyelenggara, musisi, hingga tim teknis yang mengelola panggung dan peralatan suara. Langkah pertama dalam tata kelola pementasan musik adalah… | |
A | Menentukan konsep acara | |
B | Menyusun tim kerja | |
C | Mengatur tata suara dan pencahayaan | |
D | Mengundang penonton | |
E | Memulai latihan musisi | |
25 | Siapakah yang bertanggung jawab untuk mengatur pencahayaan, tata suara, dan efek visual dalam sebuah pementasan musik? | |
A | Tim produksi teknis | |
B | Manajer acara | |
C | Pengarah musik | |
D | Musisi | |
E | Tim pemasaran | |
26 | Dalam pementasan musik, mengapa koordinasi antara musisi dan panitia sangat penting? | |
A | Untuk menghindari kesalahan teknis dan memastikan kelancaran pertunjukan | |
B | Agar panitia dapat mengatur biaya tiket dengan lebih baik | |
C | Untuk memastikan semua alat musik tersedia di lokasi | |
D | Agar penonton lebih menikmati pertunjukan | |
E | Agar musisi dapat memilih lagu yang mereka sukai | |
27 | Merancang pementasan musik sederhana memerlukan perencanaan yang matang. Beberapa langkah penting dalam perencanaan meliputi menentukan tema pertunjukan, memilih tempat, menyusun daftar lagu, menyiapkan alat musik, serta melakukan latihan secara berkala. Selain itu, pemilihan tata cahaya dan dekorasi panggung juga dapat mempengaruhi suasana pertunjukan. Apa langkah pertama dalam merancang sebuah pementasan musik sederhana? | |
A | Menentukan tema dan konsep pertunjukan | |
B | Menyiapkan alat musik | |
C | Mengundang tamu undangan | |
D | Melakukan gladi bersih | |
E | Mempromosikan acara | |
28 | Mengapa latihan rutin penting dalam persiapan pementasan musik? | |
A | Untuk meningkatkan keterampilan musisi dan memastikan keselarasan permainan | |
B | Untuk menghibur panitia sebelum acara berlangsung | |
C | Agar musisi lebih percaya diri dalam berpakaian | |
D | Agar panggung lebih menarik bagi penonton | |
E | Agar bisa mengubah susunan lagu setiap saat | |
29 | Dalam perencanaan pementasan musik, dekorasi panggung sebaiknya disesuaikan dengan… | |
A | Tema dan konsep pertunjukan | |
B | Anggaran acara | |
C | Jumlah musisi yang tampil | |
D | Permintaan penonton | |
E | Selera panitia | |
30 | Siapakah yang bertanggung jawab atas urusan promosi dan penyebaran informasi acara musik? | |
A | Tim pemasaran | |
B | Musisi | |
C | Tim produksi | |
D | Penonton | |
E | Penyiar radio | |
31 | Bagian dari pementasan musik yang bertugas memastikan semua alat musik dan mikrofon siap digunakan disebut… | |
A | Tim tata suara | |
B | Tim pencahayaan | |
C | Tim pemasaran | |
D | Tim kreatif | |
E | Tim produksi | |
32 | Apakah tujuan utama dari gladi bersih sebelum pementasan musik? | |
A | Memastikan semua elemen pertunjukan berjalan sesuai rencana | |
B | Mempromosikan acara kepada penonton | |
C | Menyiapkan peralatan musik agar siap digunakan | |
D | Melatih musisi agar lebih percaya diri | |
E | Menghibur panitia acara | |
33 | Tata panggung yang baik juga memperhatikan pencahayaan. Pencahayaan panggung (lighting) membantu menciptakan suasana, menyorot musisi utama, serta mengatur fokus penonton. Beberapa jenis pencahayaan yang umum digunakan dalam konser adalah spotlight (sorot cahaya untuk individu tertentu), floodlight (pencahayaan merata), dan moving light (cahaya yang dapat bergerak mengikuti ritme musik). Jenis pencahayaan yang digunakan untuk menyorot seorang musisi tertentu di atas panggung disebut… | |
A | Spotlight | |
B | Floodlight | |
C | Moving light | |
D | Backlight | |
E | Striplight | |
34 | Jika sebuah konser ingin menciptakan suasana dramatis dengan cahaya yang bergerak mengikuti musik, jenis pencahayaan yang paling tepat digunakan adalah… | |
A | Moving light | |
B | Backlight | |
C | Striplight | |
D | Spotlight | |
E | Floodlight | |
35 | ||
A | Moving light | |
B | Backlight | |
C | Striplight | |
D | Spotlight | |
E | Floodlight | |
36 | ||
A | Follow Spot | |
B | Moving light | |
C | Backlight | |
D | Striplight | |
E | Floodlight | |
37 | ||
A | Prosenium | |
B | Arena | |
C | Trust | |
D | Tapal Kuda | |
E | Extended | |
38 | Dalam tata panggung, backdrop sering kali digunakan untuk… | |
A | Menutupi sisi belakang panggung dan menampilkan visual yang mendukung pertunjukan | |
B | Memperjelas suara vokalis saat bernyanyi | |
C | Menyediakan tempat duduk tambahan bagi penonton | |
D | Mengurangi efek pencahayaan di panggung | |
E | Menjadi tempat penyimpanan alat musik dan properti | |
39 | Area di depan tirai utama pada panggung prosenium disebut… | |
A | Apron | |
B | Backstage | |
C | Sayap panggung | |
D | Orkestra pit | |
E | Fly system | |
40 | Apa peran dari fly system dalam panggung prosenium? | |
A | Mengangkat dan menurunkan elemen dekorasi atau pencahayaan dari atas panggung | |
B | Menampilkan efek suara selama pertunjukan | |
C | Mengatur jalur masuk dan keluar pemain | |
D | Menyediakan tempat duduk tambahan bagi penonton | |
E | Mengontrol volume suara dalam pertunjukan |
Pilihan Jawaban benar di bagian A